Penyebab Asam Urat Tinggi

Secara umum, penyebab dari asam urat adalah pemecahan sel-sel tubuh secara terus-menerus yang didukung oleh produksi dan konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sehingga tubuh tak mampu lagi untuk mengendalikan purin yang menyebabkan asam urat itu timbul.

Nilai senyawa purin dalam asam urat

Gambar panah menunjukkan kristal asam urat yang menyerang tulang sendi pada kaki

Penyebab lainnya juga tidak hanya karena konsumsi makanan yang banyak mengandung purin, namun dapat pula disebabkan oleh metabolisme tubuh yang tidak sempurna dan bekerja dengan optimal. Penyebab lainnya juga datang dari kegagalan ginjal yang memaksa sel tubuh untuk mengeluarkan asam urat melalui urine. Pada umumnya penyakit asam urat hinggap pada mereka yang berusia lanjut baik pria maupun wanita, namun dari banyaknya kasus penyakit asam urat ini, penyakit asam urat tidak hanya diderita oleh mereka yang berusia lanjut. Menurut survei asam urat tidak mengenal batasan usia, asam urat pun dapat menyerang mereka yang masih dalam usia muda, remaja bahkan anak-anak.

Secara klinis penyebab penyakit asam urat ini tidak diketahui secara pasti, namun penyakit asam urat ini disinyalir berhubungan dengan adanya faktor hormonal dan faktor genetika (keturunan) yang memungkinkan seseorang mengindap penyakit asam urat. Kedua faktor tersebut lah yang diduga menjadi faktor utama penyebab penderita asam urat semakin bertambah setiap tahunnya. Pengeluaran asam urat yang berlebihan dapat menyebabkan kadar sangat rendah dan memicu tubuh mengeluarkan kembali kadarnya secara berlebihan dan menyebabkan asam urat semakin tinggi.

Makanan yang banyak mengandung purin tetap menjadi faktor yang paling utama dari banyaknya penyebab asam urat. Makanan yang mengandung purin dapat ditemui pada makanan yang banyak mengandung protein berlebih seperti ikan, daging, susu, daging ayam, jeroan dsb. Purin adalah senyawa utama dari pembentukan asam urat, atau dengan kata lain purin adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam inti sel yang apabila bereaksi dapat meningkatkan asam urat dengan cepat. Oleh karenanya penyakit asam urat yang kerap kali dikaitkan dengan jenis makanan yang dapat memicu datangnya asam urat yang semakin memperburuk keadaan, asam urat yang kebanyakan disebabkan karena faktor makanan juga dapat menjadi faktor utama penyebab seseorang mengalami serangan jantung. Oleh karenanya selalu disarankan untuk memperhatikan berbagai sumber makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan memenuhi kebutuhan nilai gizi dan komponen gizi lainnya dalam kadar yang seimbang.

Selain karena penyebab asam urat di atas, Penyakit darah juga dapat dikatakan memiliki hubungan yang erat sebagai penyebab asam urat, selain itu penyebab lainnya seperti pengaruh negatif dari obat-obatan medis dari suatu penyakit yang dikonsumsi terus-menerus, pengemar minuman alkohol, kanker, kurangnya komponen dari suatu vitamin yang mendukung kesehatan tubuh. Seseorang yang rentan terserang penyakit asm urat adalh meraka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dan penyakit gula. Produksi hormon insulin dan didukung pola makan yang tidak teratur dengan baik akan semakin membuka peluang yang cukup besar terserang penyakit ini.

Namun penyakit asam urat ini belum bisa dikatakan sebagai penyakit yang mematikan, penyakit asam urat adalah sebagian kecil dari komponen penyakit lannya yang terdahulu di derita seseorang yang mengakibatkan kematian, penyakit asam urat ini adalah penyakit komplikasi gabungan antara penyakit lain.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>